Saturday, January 9, 2016

soal-soal sistem kendali kontinyu

LOGO POLITEKNIKJURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PRODI ELEKTRONIKA
POLIEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
Mata Kuliah    : Sistem Kendali Kontinyu
Dosen              : ARIEF MARDIYANTO,SST,MT

           
                                                                                                                                                           
1.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan Plant.
Jawab :
Plant yaitu bagian suatu peralatan yang berfungsi secara bersama-sama untuk membentuk suatu operasi tertentu. Contoh :  pesawat terbang, pembangkit tenaga listrik, destilasi dan lain - lain.
2.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan Proses. 
Jawab :
Proses (alamiah) yaitu suatu urutan operasi yang kontinu atau suatu perkembangan yang dicirikan oleh urutan perubahan secara perlahan yang terjadi tahap demi tahap dengan cara yang relatif tetap dan memberikan suatu hasil atau akhir.
Proses (artifisial) yaitu operasi yang dilakukan secara berkesinambungan yang terdiri dari beberapa aksi yang dikendalikan atau pergerakan yang secara sistematik diarahkan pada suatu hasil atau akhir.
3.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem. 
Jawab :
Sistem yaitu kombinasi beberapa komponen yang bekerja secara bersama-sama dan membentuk suatu tujuan tertentu.
4.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan gangguan.
Jawab :
Ganguan adalah suatu sinyal yang cenderung mempengaruhi (secara acak) nilai output suatu sistem: gangguan internal dan eksternal.
5.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kontrol berumpan balik.
Jawab :
Sistem kendali umpan balik (feedback control system) : sistem kendali yang mempunyai elemen umpan balik, yang berfungsi untuk mengamati keluaran yang terjadi untuk dibandingkan dengan masukannya (yang diinginkan).
6.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kontrol berumpan maju.
Jawab :
sistem kendali dimana tidak terdapat elemen yang mengamati keluaran yang terjadi untuk dibandingkan dengan masukannya (yang diinginkan), meskipun menggunakan sebuah pengendali (controller) untuk memperoleh tanggapan yang diinginkan.
7.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan servomekanisme.
Jawab :
Servomekanisme adalah sistem yang digunakan untuk mengendalikan posisi atau pergerakan mekanis, seringkali digunakan untuk menggambarkan sistem kendali dengan variabel fisik yang harus mengikuti atau melacak dalam fungsi waktu yang diinginkan.
8.            Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem regulator automatik. 
Jawab :
Regulator automatik adalah sistem kendali yang bertujuan untuk mempertahankan variabel fisik pada beberapa nilai yang konstan dengan adanya gangguan-gangguan.
9.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem pengontrolan proses. 
         Jawab :
Sistem kendali proses adalah sistem kendali yang umum digunakan pada industri, seperti untuk mengendalikan temperatur, tekanan, aliran, tinggi muka cairan dan lain-lain.
10.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kendali lingkar terbuka.
         Jawab :
         Sistem kendali dimana tidak terdapat elemen yang mengamati keluaran yang terjadi untuk dibandingkan dengan masukannya (yang diinginkan), meskipun menggunakan sebuah pengendali (controller) untuk memperoleh tanggapan yang diinginkan.
11.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan sistem kendali lingkar tertutup. 
         Jawab : 
Sistem kendali lingkar tertutup merupakan sebutan lain dari sistem kendali dengan umpan balik.
12.    Jelaskan prinsip-prinsip dasar disain sistem  kendali.
         Jawab :
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam disain sistem kendali adalah
Persyaratan umum sistem kendali.  Setiap sistem kendali harus bersifat stabil. Ini merupakan persyaratan utama. Di samping kestabilan mutlak, suatu sistem kendali harus mempuyai kestabilan relatif yang layak. Suatu sistem kendali juga harus mampu memperkecil kesalahan sampai nol atau sampai pada suatu harga yang dapat ditoleransi.
Persoalan dasar dalam disain sistem kendali. Pada kondisi praktis, selalu ada beberapa gangguan yang bekerja pada plant. Gangguan ini mungkin berasal dari luar atau dari dalam mungkin bersifat acak dan mungkin pula dapat diramalkan. Kendalian  harus memperhitungkan setiap gangguan yang akan mempengaruhi variabel keluaran.
Analisis. Analisis sistem kendali adalah penelitian pada kondisi tertentu dimana performansi sistem yang model matematiknya diketahui.
Disain. Disain sistem kendali adalah proses pencarian suatu sistem yang dapat menyelesaikan tugas yang diberikan. Pada umumnya prosedur disain tidak diperoleh secara langsung tetapi memerlukan metoda coba-coba
Sintesis. Sintesis adalah mencari suatu sistem dengan prosedur langsung yang akan bekerja menurut cara tertentu. Biasanya prosedur semacam ini bersifat matematis dari awal sampai akhir proses disain.
Pendekatan dasar dalam disain sistem kendali. Pendekatan dasar dalam disain setiap sistem kendali praktis perlu melibatkan metoda coba-coba. Sintesis sistem kendali linier secara teoritis dapat dilakukan dan secara matematis, desainer dapat menentukan komponen-komponen yang diperlukan untuk mencapai sasaran yang diberikan. Meskipun demikian, dalam praktek mungkin sistem dibatasi oleh beberapa kendala atau sifat non-linier. Di samping itu, karakteristik komponen mungkin tidak dapat diketahui dengan tepat. Jadi selalu diperlukan prosedur coba-coba.



No comments:

Post a Comment